paintball

Sejarah Paintball Indonesia

Permainan perang-perangan (war game) yang dipopulerkan di Amerika sebenarnya bermula di tahun 1970, dimana James Hale dari Daisy Manufacturing, membuat alat pertama yang melontarkan bola cat (Paintball fun). Pada saat itu, alat ini digunakan untuk menandai (marking) pohon & ternak. Dengan sedikit improvisasi, beberapa orang mulai menggunakan alat ini sebagai sarana main perang-perangan (war game) sebagai salah satu rekreasi di peternakan. Permainan paintball fun games antar tim pertama dilakukan di Amerika bulan Mei 1981 walaupun di beberapa negara bagian di Amerika masih mempertanyakan legalitas marker paintball games. Seperti di New Jersey misalnya,  baru di tahun 1988 marker Paintball games multiplayer dinyatakan bukan senjata api oleh pemerintah setempat setelah diadakan uji coba di lapangan tembak polisi dan disaksikan oleh hakim.

Pada tahun 1976, Hayes Noel, seorang pedagang saham, Bob Gurnsey, dan Charles Gaines berjalan pulang dan mengobrol tentang perjalanan terakhir Gaines ke Afrika dan pengalamannya berburu kerbau. Ingin menciptakan adrenalin yang datang dengan gairah berburu, dan terinspirasi oleh Richard Connell ’s The Dangerous Game Paling , dua teman datang dengan ide untuk menciptakan sebuah permainan di mana mereka dapat tangkai dan berburu satu sama lain. Pada tahun 1981 di New Hampshire , kelompok itu menggunakan Nel-spot 007 pistol (biasanya digunakan oleh petani dan peternak untuk menandai pohon-pohon dan ternak) untuk menembak bola cat. Dua belas orang berpartisipasi dalam pertandingan pertama, yang merupakan “menangkap bendera” skenario antara dua tim. The winner captured all flags without firing a shot. Pemenangnya diambil semua bendera tanpa menembakkan tembakan.

Sebagai bunga nasional di game terus dibangun, Bob Gurnsey membentuk perusahaan Nasional Survival Game, dan mengadakan kontrak dengan Nelson Paint Perusahaan sebagai distributor tunggal peralatan paintball mereka. Setelah itu, mereka lisensi untuk waralaba di negara-negara lain hak untuk menjual senjata mereka, cat, dan kacamata. Sebagai hasil dari monopoli mereka atas peralatan, mereka berbelok keuntungan hanya dalam enam bulan.

Paintball adalah sebuah game perang – perangan yang menggunakan cat air sebagai pelurunya sehingga membuat para pemainnya merasakan suatu hal yang sangat  menantang dan sangat seru sekali.  Kami akan berikan informasi mengenai sejarah paintball  yang masuk sebagai olahraga yang menguji keberanian dan awal masuknya ke Indonesia.

Paintball multiplayer terus berkembang dan mulai banyak lapangan paintball fun games yang dibuka untuk umum. Paintball gun juga mulai merambat ke Negara-negara Eropa seperti Inggris, Perancis dan Denmark. Untuk membedakan antara Paintball game dan senjata api, maka secara internasional, disebutlah senjata Paintball gun game sebagai “marker”

Pada tahun 1992 terbentuklah NPPL (National Professional Paintball League) yang menyelenggarakan NPPL Pro-Am Series di Negara-negara bagian Amerika. Alhasil, paintball game multiplayer mulai dikategorikan sebagai olahraga, bukan sarana rekreasi lagi. Dengan perkembangan paintball fun yang makin pesat, terbentuklah turnamen-turnamen Paintball fun games yang lain seperti Millenium series, X-ball, dll. Menurut Superstudy® survey, di tahun 2002, paintball games sudah termasuk olahraga terpopuler urutan ke-3. Semakin banyaknya peminat olah raga paintball games multiplayer ini, unsur keselamatan pemain Paintball multiplayer juga makin diperhatikan. Paintball gun juga menempati urutan ke-3 di extreme sports ranking setelah skateboard dan wallclimbing.

Perkembangan pesat Paintball game bisa dirasakan setelah Paintball gun game mulai meninggalkan karakter militernya. Memang disaat Paintball game multiplayer dimulai, kegiatan ini selalu beriringan dengan tentara, baju loreng, dan kriteria-kriteria army look yang lain. Hasilnya, kegiatan fun games ini hanya diikuti oleh orang-orang berbadan kekar dan maskulin saja.

Di Indonesia sendiri, paintball dibuka pertama kali di Bali sebagai sarana rekreasi. Tidak berapa lama kemudian, Brigade 3234 memperkenalkan Paintball ke pulau Jawa di tahun 1996 dengan membuka lokasi di Gunung Putri, Bogor. Paintball terus berkembang dengan dibukanya Tempat permainan Paintball di beberapa tempat di jawa dan bali dan sekarang sudah merambat ke Kalimantan dan Sulawesi.

Paintball dimainkan dengan potensi tak terbatas berbagai aturan dan variasi, yang ditentukan sebelum pertandingan dimulai. Aturan permainan yang paling mendasar adalah bahwa pemain harus berusaha untuk mencapai tujuan tanpa ditembak dan ditandai dengan sebuah paintball. Berbagai aturan yang berbeda mengatur legalitas hit, mulai dari “hitungan apa-apa” (hits menyebabkan eliminasi apakah paintball pecah dan meninggalkan bekas atau tidak) untuk variasi yang paling umum: paintball harus istirahat dan meninggalkan bekas ukuran AS kuartal atau lebih besar. Pemain dieliminasi diharapkan untuk meninggalkan lapangan permainan; eliminasi juga bisa mendapatkan poin tim lawan. Tergantung pada aturan permainan yang disepakati, pemain dapat kembali ke lapangan dan terus bermain, atau dihilangkan dari benar-benar permainan.

Tujuan khusus dari permainan ini adalah ditentukan sebelum bermain dimulai; contoh termasuk menangkap bendera atau Eliminasi. Paintball telah melahirkan varian populer, termasuk woodsball, yang dimainkan dalam lingkungan alam dan membentang di area yang luas. Sebaliknya, varian dari speedball dimainkan di lapangan yang lebih kecil dan memiliki kecepatan yang sangat cepat (dengan permainan berlangsung hingga lima menit). varian lain adalah skenario paintball, di mana pemain berusaha untuk menciptakan sejarah, atau pengaturan fiksi ; yang sedang terbesar Oklahoma D-Day ‘s Perang Dunia II berlakunya kembali .

“Woodsball” adalah istilah yang dikembangkan akhir dalam sejarah permainan untuk mengacu pada apa yang adalah bentuk asli dari permainan: tim bersaing dalam lingkungan berhutan atau alami. Baru-baru ini istilah tersebut telah diadopsi untuk merujuk pada hampir semua bentuk paintball bermain di alam sekitarnya.

Semoga apa yang telah kami jelaskan diatas menambah wawasan anda tentang paintball, kami dari Talenta Paintball berusaha untuk memenuhi kebutuhan permainan paintball anda.

Incoming search terms:

  • transindo sejarah